Kamis, Juni 30, 2022

5 Makanan Asli Solo, dari yang Manis sampai Pedas

Must Read

LINGKARJATENG.COM, SOLO – Selain menyajikan banyak tempat wisata bersejarah, Kota Solo juga dikenal sebagai surganya kuliner. Selain ramah di kantong, jenis kuliner Solo juga banyak sekali. Berikut lima kuliner Solo yang wajib dicoba

1. Serabi

Serabi Solo merupakan makanan seperti pancake tetapi sedikit berbeda dari daerah lain. Bentuk serabi Solo adalah berbentuk oval dengan tekstur krispi disekelilingnya. Serabi Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan gula sheingga memiliki rasa manis dan gurih.

Di samping serabi solo tanpa topping juga terdapat topping lainnya seperti soklat, nangka dan pisang. Serabi Solo banyak ditemukan di sepanjang jalan Slamet Riyadi atau di Serabi Notosuman, di Jalan Mohammad Yamin, buka dari pagi hingga sore hari.

2. Gudeg Ceker

Di Solo ceker ayam bisa menjadi teman makan gudeg. Ceker ayam yang sudah direbus dengan santan menjadikan gudeg ceker semakin enak dan cekernya memiliki tekstur yang lebut. Di samping gudeg, ceker ayam juga bisa dinikmati bersama dengan bubur. Bahkan akan lebih nikmat jika gudeg atau bubur ceker ayam disajikan dengan sambel goreng krecek.

Anda bisa menikamti sajian gudeg ceker ini di warung gudeg ceker Bu Kasno, buka dari jam 2 pagi dan di utara perempatan Warung Pelem mulai jam 7 malam.

3. Timlo Solo

Timlo Solo
Timlo Solo / Wikipedia

Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi sosis, ayam, telur pindang, jamur kuping, irisan hati dan ampela ayam, ada pula bererapa tempat yang menambahkan mie soun.

Baca juga:  Cegah Virus Corona, Terapkan Thermal Scanner terhadap Wisatawan dari China

Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Sobat wisata dapat menemukan di Jl. Urip Sumoharjo pada pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB dan beberapa titik kota di Kota Solo.

4. Sate Kere

Sate Kere menjadi sate favorit pecinta kuliner di Kota Solo. Terbuat dari tempe gembus yang disajikan dengan sate jeroan sapi seperti paru, limpa, hati, usus, torpedo, ginjal dan juga babat.

Sebelum dibakar sate kere dibumbui dengan bumbu khas dan kemudian ditambahkan saus kacang. Warung sate kere dapat anda temui di sekitar Stadion Sriwedari, tepatnya di selatan stadion, warung Sate Kere Yu Rebi. Atau Anda juga bisa menikmati sate kere di depan TK Marsudirini. Kedua warung sate kere ini buka setiap pagi.

5. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang adalah hidangan khas Jawa yang terdiri dari nasi dan berbagai jenis sayuran seperti bayam, kecambah, kacang panjang dan kemudian disiram dengan sayur tumpang (terbuat dari campuran tempe semangit dan santan).

Nasi tumpang semakin enak ketika dimasak dengan tahu, telur rebus dan krecek. Selain itu tumpang juga bisa disajikan dengan bubur. Anda dapat menikamti nasi tumpang di warung makan sekitar Manahan setiap paginya.

Baca juga:  Cara Mudah Bikin Sendiri Kopi Dalgona yang Lagi Viral
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sidak SMAN 5 Semarang, Ganjar : PPDB Berjalan Lancar

SEMARANG, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga pelaksanaan hari ke...

Jadikan Sarana Peningkatan Kreativitas santri

PEMALANG - Pekan Olahraga dan Seni Antar Santri Diniyah (Porsadin) diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan kreativitas generasi muda, khususnya para santri. Hal itu disampaikan...

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar : Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau tren kenaikan kasus Covid-19. Dia juga meminta bupati/ wali kota untuk waspada terhadap kemungkinan meningkatnya...

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa...

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

SEMARANG, Joglo Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit. "Kerja sama ini...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -