Sabtu, Oktober 1, 2022

Hendi Lampaui Target, Gibran tak Sesuai Harapan

Must Read

Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersyukur, sebab per pukul 15.30 peroleham suaranya dalam pilkada telah melebihi target. Calon wali kota yang akrab disapa Hendi itu sebelumnya menargetkan 90% suara. Namun Rabu (9/12) sore, jumlah suaranya sudah mencapai sekitar 91 %

Alhamdulilah Hendi-Ita yang didukung seluruh partai, relawan dan masyarakat hasilnya sudah sekitar 91,6 persen. Alhamdulilah,” kata Hendi, saat menggelar nonton bareng perhitungan cepat, di rumah dinasnya di Jalan Lempongsari 1, Gajahmungkur, kemarin sore.

Dari gambaran prediksi suara tersebut, ia meyakini bisa kembali bersama masyarakat Kota Lunpia hingga lima tahun kedepan. Dari hasil itu juga, ia meyakini partisipasi masyarakat meningkat dibanding periode sebelumnya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada partai pendukung utamanya PDIP dan Bu Mega, relawan dan seluruh warga Kota Semarang,” jelasnya.

Selama kampanye yang ia lakukan selama ini, ia menganggap masyarakat memiliki jiwa toleransi, tenggang ras, informatif dan situasinya pun berjalan kondusif.

Meski ia telah memiliki perhitungan cepat dari jajarannya, ia menegaskan, hasil resmi masih perlu menunggu keputusan KPU. “Tapi paling tidak, metode perhitungan yang kami lakukan adalah mengambil data dari saksi kita di 3.447 TPS,” ujar dia

“Tentu kami harapannya, data dari KPU tidak ada beda ya. Kalaupun ada, semoga hanya beda tipis,” imbuh Hendi.

Usai deklarasi jumlah suara sementara, seluruh tim langsung sujud syukur. Berdasar pantuan tim di lokasi, perhitungan suara berakhir pukul 17.39, suara Hendi-Ita sudah 100%. Jumlah itu didapatkan dari 716.805 warga.

Sementara itu, di Pilkada Surakarta, Tim Pemenangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa mengakui perolehan suara tidak sesuai harapan. Hal itu karena rendahnya tingkat partisipasi pemilih.

Baca juga:  Peringati Haornas 2021, Jateng Konsisten Jadi Kontributor Atlet Nasional

Dari hasil pantauan di Solo, hingga sore kemarin, pasangan tersebut mengumpulkan sebanyak 172.705 suara atau unggul 85,07 persen dari lawannya Bagyo Wahyono-F.X. Suparjo (BaJo).

Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, memprediksi kalaupun ada perubahan angka, hasil hitung cepat yang dilakukan oleh Posko Pemenangan DPC PDIP Kota Surakarta tersebut tidak akan bergeser terlalu banyak. “Kalau sudah di atas 60 persen pergeseran ya sudah tidak signifikan,” katanya.

Ia menjeklaskan, suara yang masuk berasal dari 930 TPS. Sedangkan total TPS yang ada di Kota Solo sebanyak 1.231.

“Hasil ini jauh di bawah target yang kami rencanakan. Akan tetapi, usaha sekuat apa pun akhirnya Allah yang menentukan. Harus diterima dengan rasa syukur, tentu akan dijadikan evaluasi untuk hal-hal teknis,” katanya.

Ia mengatakan, dari evaluasi yang dilakukan oleh timnya, rata-rata tingkat kehadiran pemilih pada pelaksanaan pilkada sebelumnya sekitar 81 persen dan pilgub sekitar 73 persen. Sedangkan pada Pilkada Kota Surakarta saat ini di kisaran 60-65 persen.

Terkait hal itu, Gibran mengatakan tidak terlalu mempermasalahkan angka. Menurut dia, yang penting pilkada berlangsung aman dan damai.

“Ya untuk masalah angka akan kami evaluasi, yang penting pilkada berlangsung aman. Apapun itu, ini pilkada yang tidak seperti biasanya, kita melakukan pilkada di tengah pandemi. Pasti partisipasi publik datang ke TPS sedikit turun,” katanya.

Baca juga:  Anggaran Pengamanan Pilkada Capai Rp5,36 Miliar, Ini Pesan Bupati

Sebelumnya, Gibran menargetkan perolehan angka sebesar 92 persen atas rivalnya di Pilkada Kota Surakarta. (git/ara/gih)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Dari Sport Tourism hingga Sekolah Atlet, Ini Kado Ganjar di Hari Olahraga Nasional 2022

SURAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 ini menjadi momentum...

Antisipasi Inflasi Pascakenaikan BBM, Ganjar Kerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah, untuk melakukan input data harga komoditas secara realtime. Hal itu sebagai langkah...

Lapak Ganjar Bangkitkan Usaha Kaos Perjuangan Usai Drop Akibat Pandemi

SEMARANG, Joglo Jateng – Kaos bukan hanya bicara fesyen, tapi juga bisa menjadi media untuk edukasi. Seperti halnya Djoeang Cloth, yang berkampanye lewat sablon...

Taj Yasin Harap Gas Expo 2022 Jadi Awal Optimalisasi Energi

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik adanya Forum Operasional Gas Expo 2022. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berharap ajang ini...

Di Era Ganjar, Jaringan Irigrasi Jawa Tengah dalam Kondisi Baik 80 Persen

SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berkomitmen menjaga bangunan irigasi di wilayahnya. Tercatat, ada sekitar 108 Daerah Irigasi (DI) berkondisi bagus, sehingga sebagian...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -