Minggu, Januari 23, 2022

3 TPS Lakukan Penghitungan Ulang

Must Read

SEMARANG – Sebanyak tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Semarang melakukan penghitungan suara ulang. Hal itu disebabkan adanya data yang tidak singkron antara kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang.

Tiga TPS itu adalah TPS 5 Miroto, Semarang Tengah, TPS 11 Sarirejo, Semarang Timur dan TPS 6 Rejomulyo, Semarang Timur. Masing-masing TPS tersebut melakukan penghitungan suara ulang sebab terdapat salinan data yang berbeda dengan milik Bawaslu.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti, menyatakan bahwa pemungutan ulang tersebut harus dilakukan karena telah memenuhi syarat-syarat yang berlaku. Ia mengatakan bahwa data harus sama terlebih dahulu sebelum dilakukan penghitungan suara di tingkat kecamatan.

“Kemarin itu terdapat perbedaan data antara C hasil dan salinan C. Jadi yang kami terima sama yang ditampilkan jajaran KPU itu berbeda. Setelah dicari di daftar hadir tidak ya terpaksa melakukan penghitungan ulang,” kata Nining saat ditemui di kantornya, kemarin.

Baca juga:  Ganjar Pranowo Sorot Pembangunan Jalur Pipa Gas Cisem

Selain itu, Nining mengaku menemukan beberapa temuan hasil dari pengawasan Bawaslu Kota Semarang. Diantaranya adalah surat suara yang kurang, kesalahan pengisian form C hasil KWK, surat suara yang tertumpah tinta, hingga kotak suara yang tidak segel ketika dibawa ke tingkat kecamatan.

“Terkait penemuan ini sudah kami sampaikan ke KPU ketika rapat rekapitulasi tingkat kecamatan. Saat ini tinggal satu kecamatan yang belum, ya nanti diselesaikan ketika rekapitulasi tingkat kota,” ujarnya.

Ia juga menegaskan akan terus melakukan pengawasan hingga akhir pelaksanaan pemilu. Ia mengingkan penegakan demokrasi yang substansial harus terbangun di Kota Semarang.

“Kami akan kawal ini sampai akhir. Sebentar lagi akan dilakukan penghitungan tingkat kota, dilanjutkan penetapan oleh KPU. Kami akan tuntaskan semua temuan-temuan yang belum sempat diproses,” tegasnya. (cr2/gih)

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Libur Nataru, Gubernur Ganjar Ingatkan Warga Tetap Siaga Bencana

SEMARANG – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang bertepatan dengan masih tingginya curah hujan, Pemerintah Provinsi Jawa...

Cegah Abrasi, Ganjar dan Pramuka Tanam Ribuan Pohon di Pantai Tirang

SEMARANG – Pantai menjadi salah satu kawasan yang perlu dijaga kelestarian serta kebersihannya. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, seluruh pihak bersama-sama menjaga pantai,...

Ganjar Minta Tegal, Brebes, dan Pemalang Genjot Vaksinasi

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta tiga daerah di wilayahnya untuk menggenjot vaksinasi sebab tingkat ketercapaian vaksin belum 70 persen. Tiga daerah...

Pemkab Kudus Hanya Izinkan Perayaan Tahun Baru di Indoor

KUDUS – Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Kudus mendapat lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Namun demikian, perayaan tersebut hanya...

Pemprov Jateng Terima Anugerah Meritokrasi 2021

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Jateng unggul dari Jawa Timur, Jawa Barat...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -