Kamis, Juni 30, 2022

Sanksi Prokes, Diusulkan Denda Rp 250 Ribu

Must Read

SEMARANG – Berbagai hal mulai dibahas ulang Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di hari pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Mulai dari ijin buka tempat usaha, sampai dengan denda pelanggar protokol kesehatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku saat ini masih mempertimbangkan usulan dari warganya mengenai denda Rp 250 bagi yang tak memakai masker. Usulan itu ia dapat ketika berkeliling Kota Semarang melihat suasana hari pertama PPKM.

“Saya tanya pada masyarakat, kalau tidak memakai masker enaknya diapain? Ada yang jawab didenda Rp 250 ribu,” katanya, Senin (11/1).

Ganjar menjelaskan, masukan ini dipertimbangkan lantaran masyarakat saat ini tampaknya mulai jengah mengenakan masker dan abai. Sehingga perlu ada efek deterrent.

“Artinya, sebenarnya rakyat dengan denda itu nampak-nampaknya akan menggunakan masker, karena takut uangnya akan hilang atau berkurang. Sebenarnya kami sudah punya perda tahun 2013, malahan sebenarnya dendanya sampai 50 juta itu, kurungan juga sampai 6 bulan. Sehingga saya bilang itu saja diterapkan, kan itu (hukuman) maksimal,” jelasnya.

Baca juga:  Dipromosikan Lapak Ganjar, Kerajinan Bunga Dekorasi Kebumen Kini Mampu Berdayakan Tetangga

Ganjar menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan dua hal, yakni penegakkan protkes yang dibarengi gencarnya sosialisasi. “Karena faktanya ada perbedaan. Umpama penutupan tempat-tempat tertentu dari sisi waktu kan ada yang menawar,” ucap Ganjar.

Ganjar melalui Sekda Jateng meminta agar antar sekda di seluruh kota dan kabupaten yang melakukan PPKM, melaporkan seluruh jam atau jadwal penutupan tempat keramaian seperti pasar hingga mall.

“Karena ini terkait dengan penegakan hukumnya. Kepolisian itu pasti nanti perintahnya akan satu, karena kepolisian ini kan sentral, tapi kalau kita kan otonom. Nah daerah-daerah dengan lokalitasnya akan menyesuaikan, tapi pada prinsipnya harus ada pembatasan,” tutur Ganjar. (git/gih)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sidak SMAN 5 Semarang, Ganjar : PPDB Berjalan Lancar

SEMARANG, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga pelaksanaan hari ke...

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar : Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau tren kenaikan kasus Covid-19. Dia juga meminta bupati/ wali kota untuk waspada terhadap kemungkinan meningkatnya...

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa...

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

SEMARANG, Joglo Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit. "Kerja sama ini...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -