Kamis, Juni 30, 2022

Pelantikan Kepala Daerah Masih Menunggu Kemendagri

Must Read

KEPUTUSAN pelantikan kepala daerah yang belum lama ini melaksanakan pilkada, masih menunggu arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penunjukan pelaksana harian pun juga mengacu pada keputusan Kemendagri.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menjelaskan kepada wartawan, akhir pekan lalu. Ia mengungkapkan, hingga pekan kedua Februari 2021, pihaknya mengaku belum mendapatkan informasi terkait tanggal pelantikan kepala daerah terpilih.

“Kalau Kemendagri nanti akhirnya mengundurkan itu (jadwal pelantikan kepala daerah) ya nanti kita plh semuanya. Untuk penunjukannya (sebagai plh) ada yang sekda, ada yang dari provinsi,” katanya.

“Terkait plh (pelaksana harian) ini gampang, pokoknya kami menunggu dari Kemendagri,” imbuh Ganjar.

Menurutnya, nantinya pelantikan pelakasana harian tidak akan dilakukan secara serentak mengingat ada beberapa kepala daerah yang masa jabatannya sampai dengan Mei 2021. Sedangkan beberapa daerah lain, masa jabatan wali kota dan wakil wali kota berakhir di pertengahan Februari, tepatnya tanggal 17 Februari 2021.

Baca juga:  Minta Kejelasan, Ganjar Panggil Tim Peneliti Vaksin Nusantara

“Kalau yang sampai Mei, tidak harus menunggu itu. Pokoknya yang sudah ada, sesuai kalau dari menteri keluar ya segera dilantik, tidak serentak. Apalagi saat ini masih ada dua yang bersengketa, yaitu Purworejo dan Rembang. Ini belum selesai kapan,” paparnya.

Ia menjelaskan, untuk pelantikan sendiri akan dilakukan dengan menggunakan tiga skenario. Yaitu pelantikan sesuai dengan waktunya, beberapa daerah yang masa jabatannya masih cukup lama, dan beberapa daerah yang masih ada sengketa. (ara/gih)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sidak SMAN 5 Semarang, Ganjar : PPDB Berjalan Lancar

SEMARANG, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga pelaksanaan hari ke...

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar : Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau tren kenaikan kasus Covid-19. Dia juga meminta bupati/ wali kota untuk waspada terhadap kemungkinan meningkatnya...

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa...

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

SEMARANG, Joglo Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit. "Kerja sama ini...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -