Minggu, Januari 23, 2022

Raih Banyak Medali, Tetap Kembangkan Riset

Must Read

KUDUS – Tim riset MTs NU Banat Kudus, memperoleh enam medali di ajang International Science and Invention Fair (ISIF) dan Global Competition for Life Sciences (Glocolis). Meski telah meraih banyak medali, mereka tetap berinovasi mengembangkan riset-riset mereka.

Sekolah ini mencantumkan tim riset sebagai extrakulikuler. Terdiri atas 5 tim, diantaranya Tim Merapi Evacuation Route (MER), Tim Gerakan Donor Darah Plasma Konvalesen (Gedor Lakon), Tim Maja Native, Tim Becak Wisata (BeWe), dan Tim Kopiko.

Nor Khusomah selaku Kepala Sekolah MTs NU Banat menjelaskan, bahwa pada November lalu mereka mengikuti dua kompetisi. Pada dua kejuaraan itu, mereka mendapatkan dua medali emas untuk tim MER dan Gedor Lakon, serta dua medali perak untuk tim Kopiko dan Maja Native diajang ISIF.

Sementara itu, diajang Glocolis mendapatkan medali emas untuk tim Kopiko, dan medali perunggu untuk tim Maja Native. Menurutnya capaian yang didapat masih bisa dikembangkan lagi. Dan akan ikut serta dalam kompetisi-kompetisi lain ditingkat internasional.

Baca juga:  Aplikasi AMMANU Fasilitasi PJJ

“Saya bangga, atas prestasi siswi-siswi riset ini. Empat medali dari ISIF, dan dua medali dari Glocolis. Pertengahan Desember tim riset kami mengikuti ajang internasional di Surabaya,” jelasnya.

Perpaduan kombutcha dan kopi adalah riset yang dilakukan tim Kopiko. Salah satu anggota tim ialah Syifa Al Fauzia. Siswi kelas IX ini mengatakan, mengikuti kegiatan riset membuat dampak besar untuk dirinya. “Saya bisa tahu, dari hal yang seharusnya biasa menjadi luar biasa,” ujarnya, Kamis (2/12).

Sementara itu, Nahla Elma, Aisha Kamila, dan Belva Nasywa bangga atas pencapaian yang didapat. Uji hedonik dan metode proksimat dilakukan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan hasil yang bagus, membuat mereka ingin memproduksi Kopiko secara massal.

“Kami bangga sekali dan ingin berinovasi dengan memadukan bahan baru. Dengan khasiat yang terkandung dalam Kopiko tersebut, semoga masyarakat menyukai dan mengapreasi karya kami,” jelasnya. (cr9/fat)

Baca juga:  KIHT Diresmikan, Potensi Serap Tenaga Kerja
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Libur Nataru, Gubernur Ganjar Ingatkan Warga Tetap Siaga Bencana

SEMARANG – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang bertepatan dengan masih tingginya curah hujan, Pemerintah Provinsi Jawa...

Cegah Abrasi, Ganjar dan Pramuka Tanam Ribuan Pohon di Pantai Tirang

SEMARANG – Pantai menjadi salah satu kawasan yang perlu dijaga kelestarian serta kebersihannya. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, seluruh pihak bersama-sama menjaga pantai,...

Ganjar Minta Tegal, Brebes, dan Pemalang Genjot Vaksinasi

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta tiga daerah di wilayahnya untuk menggenjot vaksinasi sebab tingkat ketercapaian vaksin belum 70 persen. Tiga daerah...

Pemkab Kudus Hanya Izinkan Perayaan Tahun Baru di Indoor

KUDUS – Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Kudus mendapat lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Namun demikian, perayaan tersebut hanya...

Pemprov Jateng Terima Anugerah Meritokrasi 2021

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima Anugerah Meritokrasi Tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Jateng unggul dari Jawa Timur, Jawa Barat...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -