Rabu, Agustus 10, 2022

Cegah Abrasi, Ganjar dan Pramuka Tanam Ribuan Pohon di Pantai Tirang

Must Read

SEMARANG – Pantai menjadi salah satu kawasan yang perlu dijaga kelestarian serta kebersihannya. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, seluruh pihak bersama-sama menjaga pantai, terutama dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Hal itu disampaikannya, usai melakukan kegiatan penanaman pohon di bibir Pantai Tirang, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jumat (10/12/2021). Ganjar sembari gowes, mampir dan langsung menengok kondisi pantai di ujung barat Kota Lumpia itu.

“Wah ini sambil bersih-bersih sampah ya,” ucap Ganjar menyapa sejumlah relawan, setibanya di kawasan Pantai Tirang.

Ganjar mengacungi jempol dan mengapresiasi inisiatif yang dilakukan tersebut. Tanpa berlama-lama, Ganjar langsung menuju ke titik tempatnya menanam pohon.

“Ini bibitnya ya, cemara laut. Saya titip nggih, ditanam tapi dirawat. Kalau ditanam tapi nggak dijaga ya eman,” kata Ganjar, saat menyerahkan simbolis bibit cemara laut ke pengelola Pantai Tirang, Dio Hermansyah Bakri.

Acara tersebut diikuti berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari Pramuka, Perum Perhutani hingga pelaku usaha. Sambil menanam, Ganjar kembali menegaskan agar warga setempat terus merawat dan menjaga pantainya.

“Pokoknya selama musim hujan ini kita tanam terus dan hari ini ada banyak yang ikut terlibat dari Pramuka, mahasiswa dan kehutanan juga ikut. Banyak yang terlibat di sini dan yang kita senang tidak hanya tanam tapi mereka juga membersihkan sampah,” ucap Ganjar seusai penanaman.

Baca juga:  Anggota Komisi Informasi Jateng Minta Moeldoko dan Ganjar Bijak

Ganjar berharap, kegiatan penanaman pohon di bibir Pantai Tirang ini selain menambah rimbun kawasan pantai juga mencegah terjadinya abrasi. Dia menegaskan, menjaga pantai tidak soal pencegahan abrasi saja tetapi juga kebersihan pantai dari sampah.

“Kalau ini bisa kita pelihara mudah-mudahan pantainya menjadi bagus. Maka yang ada di pantai ini atau mereka yang piknik harapan kita semua menjaga kebersihan, sampahnya taruh di tempatnya. Sedikit mungkin gunakan plastik ya,” tandasnya.

Kepala Dinas LHK, Widi Hartanto menambahkan total bibit tanaman di tanam pada acara tersebut. Jenisnya beragam mulai cemara laut, ketapang hingga mangrove. Keberadaan pohon, kata Widi, diharap mencegah pantai dari abrasi.

“Kegiatan penanaman ini yang ditekankan lebih ke penjagaan lingkungan pantai, terutama edukasi warga agar menjaga kebersihan pantai dari sampah,” tandasnya. (hms/rds)

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Temui Ganjar Pranowo, Pengusaha Taiwan Akan Tanam Investasi 2 Kali Lipat

SEMARANG – Provinsi Jawa Tengah rupanya menjadi “surga” untuk para pengusaha Taiwan. Sopan santun dan etos kerja warga, menjadi...

SMKN Jateng Beri Akses Siswa tak Mampu Sebagai Bentuk Investasi SDM

PURBALINGGA, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan pentingnya investasi sumberdaya manusia (SDM) dalam konteks penanggulangan kemiskinan. Karena itu, melalui SMKN Jateng,...

Cek Pembangunan SMKN Lumbir, Ganjar Ingatkan Jangan Ulangi Kejadian Tawangmangu

BANYUMAS – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan kontraktor proyek pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Lumbir, Kabupaten Banyumas, agar menjaga kualitas dan integritas....

Peringati Hari Anak Nasional, Ganjar: Lindungi Anak Kita dan Stop Bullying

BOGOR – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu (23/7/2022). Ia...

Wagub: Biro Perjalanan Umroh dan Haji Harus Tertib Aturan

SEMARANG, Joglo Jateng  – Tingginya antusiasme umat Islam di Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah umroh, seringkali dimanfaatkan biro perjalanan umroh dan haji. Salah satunya...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -