Kamis, Juni 30, 2022

Mawar Hartopo Lanjutkan Perjuangan Emansipasi Wanita

Must Read

REMBANG – Catatan perjuangan RA Kartini selalu memberi spirit bagi perempuan masa kini. Namanya harum terdengar sebagai pelopor emansipasi wanita di negeri ini pada masanya.

Kartini berhasil mendobrak pintu kesetaraan, namun perjuangannya masih harus dilanjutkan. Kini, kisahnya telah menjadi inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia khususnya untuk Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kudus.

Meneladani jejak salah satu pahlawan nasional, Ketua GOW Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo bersama rombongan berziarah ke Makam RA Kartini di Rembang, Kamis (19/5). Mawar belajar banyak dari perjuangan RA Kartini yang kisahnya terabadikan di dalam museum.

Didampingi pemandu museum, dirinya menapak tilas sejarah kartini dewasa atau ketika menjadi istri Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Banyak kisah yang bisa diteladani oleh kaum perempuan saat ini. Mawar Hartopo pun ingin melanjutkan perjuangan emansipasi dengan mengobarkan semangat belajar.

“Memang banyak yang bisa diteladani dari kisah beliau. Yang membuat saya terinspirasi adalah semangatnya untuk mendapatkan pendidikan. Karena buat saya, belajar itu tak kenal usia,” tuturnya.

Perjalanan dilanjutkan ke Makam RA Kartini untuk mengenang jasa dan perjuangannya demi kesetaraan perempuan. Kegiatan napak tilas tersebut menggugah kembali semangat kaum perempuan untuk menjadi kartini masa kini.

Baca juga:  Plt. Bupati Beri Bocoran Cara Pelaku UKM Bisa Perluas Pemasaran

“Beliau seorang sosok yang cerdas, dan saya tadi dapat kisah dari surat-suratnya Kartini ternyata juga punya pemikiran bisnis. Ia juga sebenernya seorang yang religius tapi tidak menonjolkan sisi tersebut. Kisahnya menjadi teladan bagi kita semua,” tuturnya.

Kehadiran GOW Kudus disambut oleh Ketua GOW Rembang, Endang Sri Suharti, dengan didampingi penasihat Hasiroh Hafidz. Pihaknya sangat senang bisa menerima kunjungan dari GOW daerah lain. Selain untuk bersilaturahmi, kesempatan ini menjadi momen yang pas guna menjalin kerja sama dalam promosi produk lokal.

“Silakan kalau nanti ada waktu bisa mampir ke rumah batik ningrat. Disini juga banyak industri rumah tangga, bisa dilihat produk-produk yang kami pamerkan disini,” ujarnya.

Sebelum kembali ke Kota Kretek, rombongan menyempatkan diri untuk mampir di sentra batik. Mawar Hartopo pun ikut belajar membatik tulis di Sanggar Ningrat Batik, Kecamatan Lasem. (hms/fat)

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Sidak SMAN 5 Semarang, Ganjar : PPDB Berjalan Lancar

SEMARANG, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga pelaksanaan hari ke...

Jadikan Sarana Peningkatan Kreativitas santri

PEMALANG - Pekan Olahraga dan Seni Antar Santri Diniyah (Porsadin) diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan kreativitas generasi muda, khususnya para santri. Hal itu disampaikan...

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar : Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau tren kenaikan kasus Covid-19. Dia juga meminta bupati/ wali kota untuk waspada terhadap kemungkinan meningkatnya...

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa...

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

SEMARANG, Joglo Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit. "Kerja sama ini...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -