Kamis, Juni 30, 2022

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

Must Read

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang sudah menyiapkan langkah dalam mensukseskan ajang kontestasi politik tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari saat menghadiri kegiatan konsolidasi persiapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 di KPU Provinsi Jateng, belum lama ini. Ia menjelaskan, konsolidasi tersebut diikuti dari KPU kabupaten/kota se-Jawa Tengah untuk membangun kesepahaman tentang ruang lingkup keseluruhan KPU dalam pelaksanaan Pemilu di Jateng.

Tak hanya KPU saja, kegiatan itu mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) guna mendapatkan dukungan dari pemerintah agar pemilu bisa berjalan lancar, aman, damai, demokratis, dan berintegritas.

Meski pelaksanaan Pemilu masih lama, Hasyim Asy’ari menilai KPU seluruh Indonesia dinyatakan sudah menyiapkan proses Pemilu serentak 2024 mendatang, termasuk KPU Jateng juga terlihat siap sejak jauh-jauh hari.

“KPU Jawa Tengah dalam menyiapkan ini (Pemilu 2024) sudah siap. Bukan hanya Jawa Tengah, semua KPU di 34 provinsi dan kabupaten saya rasa sudah siap semua. Namun ada beberapa yang misalkan seperti kondisi dari luar Jawa Tengah itu kondisi kantornya ada yang masih perlu dukungan atau perlu renovasi. Bahkan perlu perbaikan sarana dan prasarana itu masih ada, tetapi secara kelembagaan sudah siap semua untuk menyambut masuknya tahapan Pemilu 2024,“ ucap Hasyim Asy’ari.

Saat ditanya terkait verifiksi partai politik (parpol), pihaknya menuturkan bahwa pendaftaran partai akan dimulai pada tanggal 1-7 Agustus 2022. Dalam proses ini, partai politik harus melalui dua verifikasi yaitu administrasi dan faktual.  Setelah itu,  KPU menetapkan parpol yang lolos verifikasi pada 14 Desember 2022.

“Jadi walaupun pemilunya 2024, tapi kegiatan-kegiatannya sudah dimulai di tahun 2022 ini. Di antaranya, pendaftaran partai politik peserta Pemilu,“u jarnya.

Baca juga:  Soal Penerapan PPKM Level 3, Ganjar: Kita Ikuti Turunannya

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jateng, Paulus Widiyantoro mengaku, pihaknya telah menyiapkan persiapan sejak jauh-jauh hari sebelum KPU menetapkan pelaksanaan Pemilu 2024. Di antaranya evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 dan 2020, serta persiapan personil KPU Jateng.

“Kami mengatakan kendala-kendalanya dan bagaimana untuk mencari jalan keluar agar tidak terjadi lagi. Kedua, kami sudah persiapan penataan semua personil. Di Jawa Tengah ini, untuk anggota KPU yang kemarin ada yang meninggal dunia, ada yang pendidikan di BKPP.  Sekarang  sudah isi semua. Bahkan di Jawa Tengah, kemarin PAW Pak Drajat yang naik ke KPU RI juga sudah terisi. Lalu untuk level sekretariat, kemarin kita sudah isi semua full,“ terangnya.

Selain itu, Paulus meminta kepada KPU kabupaten/kota di Jateng agar bisa membaca kembali Undang-Undang (UU) tentang  Pemilihan Umum. Hal itu bertujuan agar anggota KPU lebih memahami secara saat proses pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung.

“Jadi mendetail kan pemahaman terhadap UU. Karena pemahaman masalah detail itu, kalau menurut kami harus kata per kata dan jangan terjebak pada diksi-diksi misalnya kata dapat atau wajib. Itukan pengertian yang berbeda,  sehingga kami minta temen-teman kabupaten kota untuk mendetail kan pemahaman itu,“ pintanya.

Ia menambahkan, persiapan pendaftaran verifikasi parpol itu wewenang dari KPU RI, namun pihaknya telah siap mengikuti instruksi dari KPU pusat terkait hal tersebut. Ia tengah menunggu aturan selanjutnya soal verifikasi parpol.

Baca juga:  Enam Daerah Berpotensi Lawan Kotak Kosong

“Tapi untuk lebih detailnya, kita masih menunggu peraturan KPU terkait pendaftaran dan verifikasi patai politik tentunya. Karena kita masih menunggu arahannya seperti apa, kalau kita kemarin melakukan rakor daring dengan membaca PKPU lama. Jika misalnya nanti berubah, kita sudah tahu berubahnya di mana dan apa yang berubah,“ paparnya. (dik/gih)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Sidak SMAN 5 Semarang, Ganjar : PPDB Berjalan Lancar

SEMARANG, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga pelaksanaan hari ke...

Jadikan Sarana Peningkatan Kreativitas santri

PEMALANG - Pekan Olahraga dan Seni Antar Santri Diniyah (Porsadin) diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan kreativitas generasi muda, khususnya para santri. Hal itu disampaikan...

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar : Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau tren kenaikan kasus Covid-19. Dia juga meminta bupati/ wali kota untuk waspada terhadap kemungkinan meningkatnya...

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa...

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

SEMARANG, Joglo Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit. "Kerja sama ini...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -