Kamis, Juni 30, 2022

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

Must Read

SEMARANG, Joglo Jateng – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit.

“Kerja sama ini diharapkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk adanya fasilitas untuk merekam aktivitas seluruh Puskesmas di Jateng dalam satu aplikasi,” terang Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Semarang.

Menurutnya, aplikasi tersebut, semakin mempermudah masyarakat. Khususnya dalam memperoleh pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas yang tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Ia menambahkan, Pemerintah Australia juga menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Pemprov Jateng atas beberapa program dalam upaya penanganan Covid-19. Seperti Program Jogo Tonggo, Jogo Ternak, Jogo Konco, dan Program Jogo Pasar. Selain itu, juga program layanan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas pada beberapa kabupaten di Provinsi Jateng.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia. Banyak bantuan yang telah dikirim ke Indonesia, khususnya di Jateng. Kami juga berterima kasih telah ditunjuk sebagai salah satu provinsi untuk bekerja sama dengan Australia,” ujarnya.

Baca juga:  Jateng Raih Juara 1 Provinsi Terinovatif 2020

Sekretaris Pertama Bidang Kesehatan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia Prudence Borthwick mengatakan, Pemerintah Australia mengapresiasi dukungan dan kerja sama yang telah dilakukan antara pihaknya dengan Pemprov Jateng. Di antaranya kerja sama Program Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) atau ketahanan kesehatan.

“Selain AIHSP, kami juga mendukung Pemerintah Jawa Tengah melalui program-program kami. Seperti Program Penyedia Air Minum dan Sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas yang ada di 31 kabupaten di Jateng. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan air dan sanitasi,” jelasnya usai bertemu Wagub Jateng.

Ia melanjutkan, adapun kerja sama lainnya, adalah program penanganan Covid-19 dan memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat. Serta program yang berfokus penurunan kemiskinan melalui kerja sama dengan pemerintah daerah, seperti Pekalongan, Pemalang, dan Brebes.

Ia menambahkan, ada juga program peningkatan gender dan kelompok rentan lain. Serta program yang berfokus untuk mendukung petani dengan perintah dan sektor swasta. “Kami berharap, ke depan Pemerintah Australia dapat terus bekerja sama dengan Pemprov Jateng di berbagai bidang,” imbuhnya. (ara/all)

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Sidak SMAN 5 Semarang, Ganjar : PPDB Berjalan Lancar

SEMARANG, Joglo Jateng - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) hingga pelaksanaan hari ke...

Jadikan Sarana Peningkatan Kreativitas santri

PEMALANG - Pekan Olahraga dan Seni Antar Santri Diniyah (Porsadin) diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan kreativitas generasi muda, khususnya para santri. Hal itu disampaikan...

Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19, Ganjar : Pakai Masker dan Jaga Gaya Hidup Bersih Sehat

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau tren kenaikan kasus Covid-19. Dia juga meminta bupati/ wali kota untuk waspada terhadap kemungkinan meningkatnya...

Hasyim Asy’ari: KPU Jateng Siap Sukseskan Pemilu 2024

SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) mengatakan KPU se-Indonesia telah siap menyambut Pemilu serentak pada 2024 mendatang. Termasuk KPU Provinsi Jawa...

Jateng-Australia Tingkatkan Kerja Sama Ketahanan Kesehatan

SEMARANG, Joglo Jateng - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Australia sepakat meningkatkan kerja sama dalam bidang ketahanan kesehatan dan pencegahan penyakit. "Kerja sama ini...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -