Sabtu, Oktober 1, 2022

Sukses Gelar ASEAN Para Games, Ganjar: Banyak Negara akan Belajar dari Keberanian Indonesia

Must Read

SURAKARTA – Gelaran ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo telah paripurna. Indonesia dinilai sukses menyelenggarakan event olahraga bagi penyandang disabilitas itu, meski persiapannya cukup singkat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 tersebut merupakan keberanian pemerintah Indonesia dalam mengambil keputusan. Keberanian itu yang kemudian akan dicontoh banyak negara lain untuk menggelar event internasional.

“Sekjen organisasinya (ASEAN Para Sport Federation) bicara sama saya, banyak negara yang akan belajar dari keberanian Indonesia. Karena dalam waktu cepat, dengan pengelolaan yang relatif bagus. Bangga juga kita disampaikan itu,” kata Ganjar, Sabtu (6/8/2022).

Ganjar menjelaskan, keberhasilan menggelar ASEAN Para Games 2022 membuktikan Indonesia mampu menggelar event internasional dengan persiapan yang singkat. Apalagi setelah beberapa negara menyerah untuk menjadi tuan rumah.
“Waktu yang sangat pendek, satu bulan, karena beberapa negara waktu itu melempar handuk ya, termasuk Vietnam. Kita sudah ambil alih ini, kita buktikan kita mampu,” katanya.

Keberhasilan sebagai penyelenggara juga diikuti oleh torehan mentereng atlet-atlet para sport Indonesia. Kontingen Indonesia berhasil mengumpulkan 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu, dengan total 425 medali, dan berhak atas gelar juara umum ASEAN Para Games XI.

“Hasilnya top, kita juara umum,” kata Ganjar.

Ganjar menambahkan, setelah atlet-atlet tersebut mendapatkan prestasi, maka yang dipikirkan kemudian adalah perhatian tentang masa depan. Termasuk pendampingan dan pembinaannya. Atlet yang mendapatkan prestasi akan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah.

Baca juga:  Pemkot Laporkan Bidan yang Usir Perawat RS Bung Karno

“Homebase-nya ada di Solo ya. Maka kemudian perhatian kita pada atlet yang diperlukan. Ya pendampingannya, menurut saya yang berikutnya adalah masa depan mereka maka mereka-mereka yang mendapatkan medali berhak untuk pembinaan masa depan. Tidak hanya sekadar achievement, tetapi juga persoalan hidup mereka. Itu yang mesti pemerintah pikirkan,” katanya, seusai menghadiri upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 yang juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Diketahui, Vietnam sebelumnya ditunjuk sebagai tuan rumah untuk event tahun ini. Namun, beberapa bulan sebelum event digelar, mereka menyatakan tidak sanggup dan mundur sebagai tuan rumah. Indonesia kemudian mengambil alih tanggung jawab tersebut.

“Indonesia punya pengalaman menggelar event sama tahun 2011, juga di Surakarta. Pengalaman itu membuat Indonesia sukses menyelenggarakan ASEAN Para Games XI ini dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, atas arahan dan dukungannya,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

Ia menambahkan, ada empat target kesuksesan yang dicanangkan dalam penyelenggaraan ini. Yaitu sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi, dan administrasi. Dari empat itu tiga target sudah tercapai.

“Sukses penyelenggaraan sudah selesai, sukses prestasi kita juara umum, sukses ekonomi daerah kegiatan ini menggairahkan ekonomi di Solo Raya dan Jawa Tengah. Kita masih tunggu untuk sukses keempat, yaitu sukses administrasi, karena ini menggunakan uang APBN. Nanti akan kami informasikan setelah selesai audit,” kata Menpora. (hms/rds)

Baca juga:  Penerapan Pembatasan Berskala Besar Tak Efektif Diterapkan di Solo, Ini Alasannya
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Dari Sport Tourism hingga Sekolah Atlet, Ini Kado Ganjar di Hari Olahraga Nasional 2022

SURAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 ini menjadi momentum...

Antisipasi Inflasi Pascakenaikan BBM, Ganjar Kerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah, untuk melakukan input data harga komoditas secara realtime. Hal itu sebagai langkah...

Lapak Ganjar Bangkitkan Usaha Kaos Perjuangan Usai Drop Akibat Pandemi

SEMARANG, Joglo Jateng – Kaos bukan hanya bicara fesyen, tapi juga bisa menjadi media untuk edukasi. Seperti halnya Djoeang Cloth, yang berkampanye lewat sablon...

Taj Yasin Harap Gas Expo 2022 Jadi Awal Optimalisasi Energi

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik adanya Forum Operasional Gas Expo 2022. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berharap ajang ini...

Di Era Ganjar, Jaringan Irigrasi Jawa Tengah dalam Kondisi Baik 80 Persen

SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berkomitmen menjaga bangunan irigasi di wilayahnya. Tercatat, ada sekitar 108 Daerah Irigasi (DI) berkondisi bagus, sehingga sebagian...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -