Sabtu, Oktober 1, 2022

Ganjar Resmikan Mal Pelayanan Publik di Sukoharjo

Must Read

SUKOHARJO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Sevaka Bhakti Wijaya Kabupaten Sukoharjo, Kamis (25/8/2022). Dengan peresmian itu, di provinsi ini sudah ada 13 mal pelayanan publik.

Persemian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong itu, juga dihadiri Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa, serta Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

“Ini bagian dari komitmen pemerintah, bagaimana pelayanan masyarakat bisa mudah, murah, cepat. Kemudian disatukan biar masyarakat tidak lari ke sana dan ke mari,” ujar Ganjar.

Ia berharap, kemudahan layanan tersebut dapat dilakukan secara optimal. Selain itu, ke depan juga terus dikembangkan secara online.

“Harapan saya ini bagian dari mempermudah layanan. Yang kedua mungkin tidak cukup di sini, kita bisa extend yang online. Maka saya minta yang masuk ke sini dilayani dengan baik, dengan senyum, dengan sapa,” lanjutnya.

Orang nomor satu di Jawa Tengah juga memuji Gedung MPP Sevaka Bhakti Wijaya yang bagus, dengan berbagai fasilitas yang ada.

“Karena gedungnya bagus banget ini. Ini kayaknya gedung paling bagus sementara yang ada di Jateng,” paparnya.

Sejauh ini, ungkap Ganjar, sudah ada 13 Mal Pelayanan Publik yang ada di Jawa Tengah. Tahun ini, rencananya akan ditambah lima MPP lagi.

Baca juga:  25 Daerah Jadi Zona Merah, Klaster Rumah Tangga Penyumbang Tertinggi

“Ada 13 (MPP) di Jateng. Tahun ini tambah lima lagi. Ini layanan secara fisiknya saja, digitalnya sudah berjalan, disatukan di sini biar masyarakat mendapat pelayanan satu atap,” imbuhnya.

Ganjar menambahkan, dengan adanya MPP akan mampu mengubah perilaku pelayanan pemerintah bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kalau semua bisa transparan, terbiasa melayani masyarakat akan bisa mengubah perilakunya untuk melayani yang baik, yang prima dan tidak korupsi, tidak pungli. Sehingga masyarakat terpuaskan,” terangnya.

Sementara, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dalam sambutannya menyampaikan, MPP Sevaka Bhakti Wijaya berdiri di atas lahan seluas 3.600 meter persegi, dengan luas bangunan 2.620 meter persegi.

“Dibangun dengan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Sukoharjo tahun 2021 senilai Rp21,4 miliar,” katanya.

Menurut Etik, MPP hadir untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan publik. Sebanyak 32 instansi dan 138 jenis layanan ada di MPP ini.

Sebelumnya, sejumlah Mal Pelayanan Publik telah diresmikan Ganjar, di antaranya di Kabupaten Banyumas, Kendal, Batang, Jepara, Kebumen, Tegal, Karanganyar, Pati, Kudus, Kota Surakarta, Kota Salatiga, dan Kota Magelang. Selain itu beberapa daerah juga tengah menyiapkan MPP tersebut. Di antaranya, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Demak serta beberapa daerah lainnya. (hms/rds)

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Dari Sport Tourism hingga Sekolah Atlet, Ini Kado Ganjar di Hari Olahraga Nasional 2022

SURAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022 ini menjadi momentum...

Antisipasi Inflasi Pascakenaikan BBM, Ganjar Kerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengerahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah, untuk melakukan input data harga komoditas secara realtime. Hal itu sebagai langkah...

Lapak Ganjar Bangkitkan Usaha Kaos Perjuangan Usai Drop Akibat Pandemi

SEMARANG, Joglo Jateng – Kaos bukan hanya bicara fesyen, tapi juga bisa menjadi media untuk edukasi. Seperti halnya Djoeang Cloth, yang berkampanye lewat sablon...

Taj Yasin Harap Gas Expo 2022 Jadi Awal Optimalisasi Energi

SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyambut baik adanya Forum Operasional Gas Expo 2022. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen berharap ajang ini...

Di Era Ganjar, Jaringan Irigrasi Jawa Tengah dalam Kondisi Baik 80 Persen

SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berkomitmen menjaga bangunan irigasi di wilayahnya. Tercatat, ada sekitar 108 Daerah Irigasi (DI) berkondisi bagus, sehingga sebagian...
- Advertisement -

Berita Lainnya

- Advertisement -